JUMLAH WAKTU TIDUR IDEAL SESUAI UMUR

BeritaHebohIndo – JUMLAH WAKTU TIDUR IDEAL SESUAI UMUR, Kita sering mendengar bahwa normalnya, setiap individu membutuhkan waktu untuk tidur selama 8 jam seharinya. Namun sebenarnya, kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda, salah satu faktor yang menentukan perbedaan tersebut adalah umur. Tentunya, kebutuhan tidur antara bayi, anak-anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia berbeda-beda. Kebutuhan tidur menunjukan pada kebutuhan dasar tubuh untuk beristirahat, dengan tidur yang cukup setiap malam maka kebutuhan tubuh untuk beristirahat akan terpenuhi dan dapat dipastikan bahwa orang tersebut bisa beristirahat dengan baik.

Kebutuhan Jam Tidur Berkualitas Berdasarkan Usia, Setiap hari tubuh melakukan berbagai aktivitas. Tentu saja setelah melakukan berbagai aktivitas harian, tubuh memerlukan istirahat karena tidur merupakan salahsatu kebutuhan dasar setiap manusia sepeti halnya makan.

Kebutuhan tidur yang cukup tak hanya dipuerlukan untuk anak-anak namun semua umur. Bedanya pada anak kebutuhan ditidur diharapkan bisa mendorong pertumbuhan anak dan bisa menjaga konsentrasinya ketika sedang belajar di sekolah, sedangkan pada orang dewasa tidur yang cukup bisa bermanfaat untuk mengistirahatkan tubuh dan memperbaiki kembali sel-sel yang rusak setelah melakukan berbagai aktivitas. Oleh karena itu tidur dengan cukup sesuai usia sangat diperlukan bagi setiap orang.

National Sleep Foundation mengeluarkan pedoman terbaru tentang lama waktu tidur yang dibutuhkan setiap individu berdasarkan umurnya.

Berikut ini merupakan rekomndasi tidur sesuai kelompok usia :

1. Bayi baru lahir usia 0-3 bulan : durasi tidur 14 – 17 jam per harinya.
2. Bayi usia 4 – 11 bulan : durasi tidur ditambah menjadi 12 – 15 jam setiap harinya.
3. Batita usia 1 – 2 tahun : durasi tidur 11 – 14 jam per hari.
4. Balita usia 3 – 5 tahun : durasi tidur 10 – 13 jam per hari.
5. Anak-anak usia 6 – 13 tahun : durasi tidur 9 – 11 jam
6. Remaja usia 14 – 17 tahun : durasi tidur 8 – 10 jam per hari.
7. Remaja menuju dewasa usia 18 – 25 tahun : durasi tidur 7 – 9 jam per hari.
8. Orang Dewasa usia 26 – 64 tahun : durasi tidur 7 – 9 jam.
9. Orang lanjut Usia, umur 65 tahun lebih : durasi tidur 7 – 8 jam per hari.

Durasi tidur yang dilakukan setiap harinya sangat penting dan berpengaruh pada kesehatan karena ketika tubuh kurang tidur meskipun hanya satu malam, maka hormon dalam tubuh akan terganggu diantaranya hormon yang mengatur fungsi nafsu makan yang akan terganggu. Selain itu, efek negatif kurang tidur juga salahsatunya bisa membut seseorang menjadi lebih gemuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *