FITUR BARU MICROSOFT VR SIAP SAMBANGI BANYAK PENGGUNA

BeritaHebohIndo РFITUR BARU MICROSOFT VR SIAP SAMBANGI BANYAK PENGGUNA, Pesatnya perkembangan teknologi Virtual Reality (VR) rupanya menarik minat raksasa teknologi yaitu Microsoft. Microsoft tengah berusaha mengajak para produsen perangkat virtual reality (VR) untuk menggunakan sistem operasi Windows. Rencana tersebut juga termasuk menambahkan fitur HMDs di perangkat VR. Terbukti, mereka pun langsung merilis update Windows 10 Creators dengan fokus memaksimalkan potensi VR pada Maret lalu. Sejauh ini fitur VR hanya bisa diakses di developer mode (modus pengembang). Rencananya, fitur ini akan dirampungkan pada September 2017 mendatang dan terbuka untuk umum. Untuk menunjangnya, Microsoft pun bakal merilis perangkat VR. Perangkat ini berupa headset VR seharga US$ 299 atau sekitar Rp 4 juta. Dengan menambah US$ 100 (Rp 1,3 juta), pengguna akan mendapat bundel headset dan kontroler. Demikian yang dikutip dari laman Arstechnica. Meskipun harganya lebih murah dibanding SteamVR, HTC Vive, dan Oculus Rift, namun VR Microsoft layak ditunggu dengan dua keunggulannya.

Hal pertama adalah kemudahan untuk memasang perangkat VR Microsoft. Perangkat Windows menggunakan sistem yang menggabungkan input akselerasi dari accelerometer dengan input visual dari kamera yang menghadirkan motion tracking. Keunggulan lainnya adalah mengurangi persyaratan perangkat keras. Microsoft bakal merilis dua program yaitu Windows Mixed Reality PC dan Windows Mixed Reality Ultra PC. Windows Mixed Reality PC akan memakai grafik terintegrasi yaitu seri Intel Skylake dan di atasnya, serta mampu menghadirkan permainan dengan kualitas 60 frames per second (fps). Lebih canggih, Windows Mixed Reality Ultra PC memakai prosesor grafis yang belum diungkap yang mampu menghadirkan kualitas grafis hingga 90 fps. Sejauh ini sudah ada beberapa gim yang mendukung Microsoft VR seperti Minecraft dan Supershot. Ke depannya, Microsoft menjanjikan gim Halo bakal mendukung VR.

Tahun depan, Microsoft akan mendukung headset dari produsen, seperti Acer, Asus, Dell, HP, dan Lenovo. Langkah sejalan dengan rencana Microsoft untuk menyematkan software grafis di berbagai perangkat VR. Jika rencana Microsoft tersebut berjalan lancar, maka harga jual perangkat VR akan semakin murah. Sejauh ini, perangkat VR seperti Vive mulai dijual pada USD800. Sejauh ini, Microsoft telah bermitra dengan produsen VR asal China, 3Glasses. Mereka akan menawarkan perangkat VR yang kompatibel dengan Windows 10 di pertengahan 2017.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *