ASINAN RAMBUTAN ASEM JERUK SEMBOI

BeritaHebohIndo – ASINAN RAMBUTAN ASEM JERUK SEMBOI, Rambutan Asam Boi atau ada juga yang nyebutnya Rambutan Nano Nano ceritanya lagi ngehits & kekinian banget. bayangkan saja rambutan yang rasanya manis bisa dibuat asinan. Penasaran apa sih rasanya.

Sebagai negara yang beriklim tropis, Indonesia kaya akan buah Rambutan. Ada berbagai macam spesies rambutan yang hidup di negeri ini. Buah rambutan biasanya dipanen pada bulan-bulan tua.  Buah rambutan cukup digemari oleh masyarakat karena rasanya yang manis dan berair. Cita rasa manis pada buah rambutan disebabkan karena adanya kandungan Fruktosa yang cukup tinggi. Selain Fruktosa, buah rambutan juga memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap.  Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium, sampai vitamin C.

Dan yang lebih disukai, harga buah rambutan relatif murah bila dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Cukup hanya dengan 7 ribu sampai 10 ribu rupiah sudah bisa mendapatkan 1 ikat buah rambutan. Bahkan ketika musim panen, harga 1 ikat buah rambutan bahkan hanya sekitar 4 ribu sampai 5 ribu rupiah saja. Hanya saja sebagaimana buah-buahan berair lainnya, masa simpan buah rambutan tidak bisa bertahan lama. Hanya dalam beberapa hari saja, buah rambutan biasanya akan mulai menghitam dan membusuk. Dan jika kebetulan memiliki banyak rambutan tentu saja sangat sayang.

Karena itu agar buah rambutan ini mampu bertahan lebih lama untuk bisa tetap dikonsumsi, akan lebih baik dilakukan pengolahan sehingga lebih awet.
Ada berbagai cara untuk membuat buah rambutan ini menjadi lebih awet dan dapat dikonsumsi.
Salah satunya adalah dengan membuatnya sebagai manisan rambutan.

Jika dalam industri buah rambutan ini diolah dan diawetkan menjadi buah dalam kaleng yang menggunakan mesin-mesin tertentu, dalam skala rumah tangga cukup dibuat manisan rambutan hanya dengan menggunakan peralatan rumah tangga sederhana.

Meski buah rambutan sendiri sudah terasa manis, namun tetap perlu ditambahkan gula. Hal ini bertujuan selain untuk memperkuat rasa manisnya, gula juga berfungsi untuk mencegah pertumbuhan mikroba. Penambahan garam dan asam sitrat dapat berfungsi sebagai pengawet manisan rambutan, sehingga dapat disimpan lebih lama.

ASINAN RAMBUTAN ASEM JERUK SEMBOI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *